Sedikit Memble! NVIDIA RTX 3050 Versi OEM Bakal Meluncur dalam Waktu Dekat

Kubu NVIDIA tampaknya masih berusaha berikan alternatif untuk para gamers dapatkan kartu grafis idamannya. Seolah kehabisan ide, atau hal lainnya, NVIDIA RTX 3050 Versi OEM diluncurkan diam-diam, namun dengan spesifikasi lebih kentang. Tentu, kami penasaran terkait hal tersebut dan coba ulik kebenarannya.

NVIDIA RTX 3050 Versi OEM, Bukti Minimnya Alternatif

Kartu grafis entry-level dengan fitur ray-tracing ‘sekenanya’, kini diluncurkan dalam versi lebih kentang. NVIDIA RTX 3050 Versi OEM diluncurkan demi penuhi harapan para konsumen di luar sana yang butuhkan kartu grafis dalam satu paket pembelian dengan komputernya.

Berdasarkan informasi dari tom’sHardware, NVIDIA RTX 3050 Versi OEM tersebut dipangkas ‘sedikit’ kemampuannya dari versi originalnya. Situs tersebut informasikan bahwa Core Clock dan CUDA Cores dikurangi sedemikian rupa.

RTX 3050 versi desktop tawarkan 2.560 CUDA Cores, dengan Core Clock 1,55GHz. Untuk NVIDIA RTX 3050 Versi OEM-nya sendiri hanya tawarkan 2.304 CUDA Cores dengan Core Clock 1,51GHz, tak terlalu berasa untuk kita komplain.

Selain dua hal di atas, tidak ada yang berubah, termasuk besaran dan jenis memory yang ditanam, berikut dengan TDP yang masih sama. Lucunya, kubu NVIDIA sama sekali tak buka mulut terkait peluncuran kartu grafis dengan ray-tracing sekenanya ini.

Kemampuan yang ‘Sedikit’ Lebih Memble

Meski kartu grafis dengan embel-embel OEM ini cukup membantu karena mudahkan konsumen dapatkan dalam satu paket pembelian, namun ada hal lain hantuinya. Faktanya, RTX 3050 Versi OEM ini biasanya identik dengan kemampuan yang lebih inferior atau lebih kentang dari versi normal.

Berdasarkan tom’sHardware sendiri, langkah ini tampak dilakukan oleh NVIDIA demi hadirkan kartu grafis yang terjangkau dengan mudahnya untuk para konsumen. Adalah hal yang wajar, terlebih bila kita dihadapkan fakta bahwa spesifikasi yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan versi Non-OEM.

Sama halnya dengan banderol harga, di mana kita sama sekali tak bisa dapatkannya kecuali membeli paketan komputer di toko kesayangan.

Nah, kira-kira apakah kalian tertarik untuk membeli sepaket komputer demi dapatkan kartu grafis yang tawarkan fitur ray-tracing seadanya tersebut?


Buat kalian yang tertarik untuk membaca berita menarik lainnya seputar Tech, bisa langsung kunjungi laman Bima. Untuk informasi lebih lanjut dan tawaran kerja sama, kalian bisa hubungi kami melalui redaksi@umatgame.com.

Bima

Mostly cover about technology, especially computers. Invest a lot of time on local e-commerce (and sometimes globally), to make sure that my posts is relevant.

Leave a Reply

Your email address will not be published.