Panduan Merakit Mini PC dengan Asrock DeskMini X300, Alternatif Murah Meriah

Merakit sebuah personal computer berukuran imut, yang lebih dikenal dengan mini pc sebenarnya miliki tantangannya sendiri. Yang kami bahas di sini kebetulan adalah sebuah mini pc yang manfaatkan Asrock DeskMini X300 dengan ukuran lebih kecil dari motherboard Mini-ITX.

Meski berukuran imut-imut, namun tidaklah sedikit mini pc yang kemampuannya bahkan bisa kalahkan pc kelas low-end pada umumnya. Selain mampu tuntaskan urusan kantor, sebuah mini pc bahkan bisa jalankan bermacam games kekinian, bahkan sekelas Genshin Impact.

Namun, untuk nyatakan bahwa mini pc yang akan kamu gunakan benar-benar mampu untuk jalankannya, kami akan gunakan Asrock DeskMini X300 untuk referensi. Selain lebih fleksibel, mini pc besutan Asrock ini terbilang mudah untuk didapatkan.

Nah, ketimbang makin penasaran, berikut panduan merakit mini pc yang mudah untuk kalian ikuti.

Pemilihan Komponen Asrock DeskMini X300

Sama halnya dengan pemilihan komponen untuk personal computer berukuran konvensional, memilih komponen untuk Asrock DeskMini X300 miliki satu dua tantangan. Namun, kami akan bantumu dengan berikan rekomendasi komponen yang sekiranya akan kompatibel dengan mini pc yang kamu gunakan.

Dikarenakan mini pc ini sudah dilengkapi dengan casing, motherboard, berikut dengan power supply dan adapter, maka tersisalah beberapa komponen. Di antaranya adalah prosesor, memory, dan storage, yang tentunya harus kembali kalian sesuaikan dengan preferensi, termasuk kesehatan dompet.

Prosesor

Sebagaimana yang mungkin telah kalian ketahui, mini pc ini wajibkan prosesor dengan grafis terintegrasi atau integrated graphics processing unit (iGPU). Ini berarti bahwa prosesor yang kalian pilih haruslah prosesor dengan akhiran ā€˜Gā€™, yang artinya sudah ditanamkan grafis bawaan.

Untuk mereka yang awam dengan mini pc namun tak ingin investasi terlalu mahal, kami rekomendasikan prosesor Athlon 3000G. Menurut kami, kehadiran 2 cores dan 4 threads dari prosesor ini sudah lebih dari cukup untuk tuntaskan kebutuhan yang tak terlalu menuntut.

Selain itu, iGPU yang ditanamkan, Radeon Vega 3 bisa jalankan game dengan genre esports tanpa masalah. Mulai dari League of Legends, DOTA 2, Overwatch, sampai dengan Genshin Impact, tentunya dengan pengaturan dan resolusi tertentu.

Kami merasa bahwa banderol 1 Jutaan Rupiah bukanlah masalah ketika rakit mini pc ini.

Memory

Setelah memastikan prosesor yang akan kalian tanamkan dalam Asrock DeskMini X300 ini, kita boleh lanjutkan pada langkah berikutnya, memilih memory. Jenis memory yang bisa kita gunakan adalah SODIMM DDR4.

Untuk zaman now, standar memory yang seharusnya kalian miliki adalah 8GB, yang biasanya terdiri dari dua keping memory berukuran 4GB. Besaran memory tersebut tentunya sudah lebih dari cukup, bahkan untuk jalankan bermacam games yang sebelumnya disebutkan di atas.

Selain kapasitas, kami tegaskan bahwa speed atau kecepatan suatu memory untuk kebutuhan zaman now adalah 3.200MHz. Kami kurang menyarankan memory dengan speed 2.666MHz, atau lebih lambat dikarenakan keterbatasan kemampuan dari memory yang kita gunakan.

Kami rekomendasikan memory murah meriah dari brand Midasforce dengan besaran 4GB dan speed 3.200MHz yang tentunya sesuai kriteria. Banderol 200 Ribuan Rupiah untuk setiap keping memory tampaknya termasuk cukup bersahabat bila melihat brand lain masih pasang taksiran mahal.

Penyimpanan

Sebuah pc tentunya butuhkan storage alias penyimpanan untuk bolehkanmu instal sistem operasi, entah itu Windows, Linux, maupun sistem operasi lain.

Layaknya komputer kekinian, Asrock DeskMini X300 bolehkanmu sematkan dua penyimpanan dengan tipe M.2 NVMe yang miliki ukuran ringkas.

Meski terdengar berlebihan, namun kami sarankanmu untuk gunakan dua unit M.2 NVMe untuk peruntukan yang berbeda. Di antaranya adalah 120GB untuk sistem operasi, dan mulai dari 240GB untuk menyimpan semua data yang kalian butuhkan.

Biasanya, M.2 NVMe berkapasitas 120GB dibanderol mulai dari 300 Ribuan Rupiah, dan 400 Ribuan Rupiah untuk kapasitas 240GB.

Namun, bila M.2 NVMe dirasa terlalu mahal untuk media penyimpanan data, kami memiliki alternatif murah meriah yang bisa kalian gunakan.

Adalah SSD 2.5ā€ dengan interface SATA III, yang mana kapasitas 480GB bisa kalian bawa pulang dengan modal 600 Ribuan Rupiah. Tak usah pusingkan brand selama media penyimpanan tersebut hanya untuk memastikan kapasitas sistem operasi terpantau aman terkendali.

Alangkah baiknya untuk cari besaran TBW yang bisa kalian cari referensinya di mesin pencari.

Cooler

Dalam pemakaian normal, kami tak merasa bahwa Asrock DeskMini X300 akan butuhkan aftermarket cooler. Terlebih bila kita merakit mini pc dengan komponen entry-level, rasanya cooler mahal bukanlah keharusan, kecuali kamu benar-benar butuhkannya.

Bila kamu benar-benar butuhkan rekomendasi aftermarket cooler, kami hanya bisa sarankanmu untuk gunakan cooler model low-profile yang bisa dikatakan mahal. Di antaranya adal ID-COOLING IS-40X untuk yang termurah, dan Noctua NH-L9A untuk yang termahalnya. Pilihan ada di tangan kalian.

Akhir Kata

Merakit mini pc dengan Asrock DeskMini X300 memang terbilang cukup menantang, terutama buatmu yang baru pertama bermain dengan form factor kecil tersebut. Namun, bila kita evaluasi untuk jangka panjang, kehadiran mini pc akan sangat berguna, karena selain hemat daya, mini pc benar-benar hemat tempat.

Gimana menurutmu, apakah tertarik untuk merakit mini pc?


Buat kalian yang tertarik untuk membaca berita menarik lainnya seputar Tech, bisa langsung kunjungi laman Bima. Untuk informasi lebih lanjut dan tawaran kerja sama, kalian bisa hubungi kami melalui redaksi@umatgame.com.

Bima

Mostly cover about technology, especially computers. Invest a lot of time on local e-commerce (and sometimes globally), to make sure that my posts is relevant.

Leave a Reply

Your email address will not be published.