Panduan Merakit PC 5 Jutaan, Bisa untuk Gaming

Pada kesempatan kali ini kami akan berikanmu panduan merakit PC 5 Jutaan, yang tentunya bisa untuk gaming, bahkan content creation. Meski tidak bisa jalankan games AAA kekinian, setidaknya personal computer ini sudah lebih dari cukup untuk mainkan sekelas Genshin Impact.

Tidak hanya Genshin Impact, umumnya rakitan PC 5 Jutaan ini digunakan untuk penuhi kebutuhan content creation yang tak terlalu menuntut. Namun, tak usah berharap terlalu banyak, karena prinsip ‘ada harga ada rupa’, pun berlaku pada barang elektronik.

Ketimbang berlama-lama, berikut adalah panduan merakit PC dengan budget tersebut yang bisa digunakan untuk bermain game.

Prosesor

Untuk merakit PC 5 Jutaan, satu-satunya kandidat yang boleh masuk ke dalam rekomendasi ini hanyalah kubu biru Intel Core i3-10105F. Meski sedikit ‘primitif’, namun price-to-performance yang ditawarkan prosesor Intel Generasi Ke-10 ini lebih dari cukup untuk tuntaskan semua kebutuhan komputasimu.

Menurut kami, konfigurasi 4 core dan 8 thread sudah kami rasa lebih dari cukup sampai beberapa tahun mendatang. Terlebih yang kami bahas di sini adalah PC dengan budget bersahabat di 1 Jutaan Rupiah, namun tak ada salahnya untuk berharap mampu relevan dalam waktu lama.

Motherboard

Untuk temani prosesor entry-level dan tekan biaya, motherboard yang mantap untuk prosesor tersebut adalah motherboard dengan chipset H410 maupun H510. Sebisa mungkin untuk cari rekomendasi motherboard yang tawarkan satu atau bahkan dua M.2 NVMe.

Biasanya, motherboard tersebut ditaksir mulai dari di bawah kisaran 1 Jutaan Rupiah, sampai dengan kisaran batas atas 1 Jutaan Rupiah.

Memory

Sebenarnya ini merupakan komponen yang sedikit tricky untuk dibeli. Ketika akan meminang sebuah memory 2x4GB DDR4, kami tegaskan untuk evaluasi untuk beli second-hand karena tawarkan value yang benar-benar absolut.

Hal ini didasari oleh betapa mahalnya memory dengan besaran 2x4GB DDR4 dalam kondisi baru, ketika dibandingkan dengan second-hand, bahkan selisihnya tembus lima puluh persen.

Dewasa ini, harga memory 2x4GB DDR4 dengan kecepatan berapapun dibanderol mulai dari 600 Ribuan Rupiah. Artinya, dengan membeli second-hand bolehkanmu dapatkan barang yang sama hanya bermodalkan 300 Ribuan Rupiah.

VGA

Kali ini adalah pertanyaan yang paling tricky untuk PC 5 Jutaan yang benar-benar mepet secara dana. Tenang, kami takkan berikanmu rekomendasi untuk gunakan GTX 750 Ti karena kami merasa VGA tersebut sudah tak relevan dengan zaman.

VGA adalah hal yang paling menantang untuk sebuah PC 5 Jutaan, karena dana yang ada terlalu pas-pasan untuk hasil optimal. Oleh karenanya, kami hanya berikan beberapa opsi yang menurut kami sekiranya masih masuk akal dan menarik untuk dievaluasi.

GT 1030 2GB DDR5 tampaknya merupakan kandidat terkuat karena banderolnya yang berada di 1 Jutaan Rupiah. Meski VRAM yang ditawarkan masih 2GB, namun sudah lebih dari cukup untuk mainkan Genshin Impact (1080P) dan Apex Legends (900P). Bila dirasa harga baru terlalu mahal, cukup beli yang second-hand, karena VGA ini tawarkan value yang lumayan.

Bila butuhkan alternatif lain, RX 550 2GB pun termasuk sudah lebih dari ‘oke’ untuk kategori entry-level, namun lebih mantap bila dibeli second-hand. Hal ini didasari bahwa harganya yang terbilang tidak masuk akal, namun tawarkan performa yang kurang lebih mirip dengan kompetitornya. Cukup alokasikan dana 1 Jutaan Rupiah untuk beli second-hand.

PSU

Berbicara PC 5 Jutaan, biasanya identik dengan daya dibutuhkan tak terlalu besar. Namun, untuk berjaga-jaga, kami rekomendasikan sebuah PSU dengan minimal daya 400W dengan label 80 Plus Bronze.

Biasanya, PSU dengan label tersebut dibanderol mulai dari 400 Ribuan Rupiah yang tentunya bolehkanmu dapatkan keamanan ekstra ketimbang PSU murahan.

Penyimpanan

Untuk penyimpanannya sendiri, kami rekomendasikan penyimpanan minimal dengan interface SATA 2.5” SSD dengan kapasitas 120GB untuk sistem operasi. Kami takkan berikanmu opsi HDD 1TB untuk penyimpanan karena HDD sudah terlalu lambat untuk zaman now. Ketimbang gunakan HDD, kami sarankan SSD kapasitas 480GB untuk game dan dokumen.

Tidak usah memusingkan taksiran SSD, karena dewasa ini harga SSD 120GB termasuk murah, bahkan ada brand tawarkan di bawah 200 Ribuan Rupiah. Nah, untuk penyimpanan game dan dokumen, ada pula sebuah brand tawarkan SSD 480GB dengan banderol hanya senilai 600 Ribuan Rupiah.

Namun, bila kamu merasa tak butuhkan SSD ‘konvensional’, kamu bisa gunakan M.2 NVMe dengan kapasitas mulai dari 128GB seharga 300 Ribuan Rupiah. Untuk media penyimpanan game dan dokumen tentunya harus kembali kamu evaluasi, karena ukuran 480GB termasuk mahal untuk dimiliki.

Case

Komponen terakhir untuk sempurnakan PC 5 Jutaan ini tidak lain dan tidak bukan adalah case. Selain tambah nilai estetik, kehadiran case barang tentu mampu hadirkan proteksi untuk komponen komputer yang memang rentan.

Cukup alokasikan mulai dari 200 Ribuan Rupiah untuk case semacam Simbadda X-685 misalkan. Selain murah, bentuknya yang mungil boleh bantumu me-manage setup milikmu supaya tampak makin sempurna.

Nah, gimana menurut umat sekalian? Apakah racikan PC 5 Jutaan di atas ini sudah lulus layak publish? Kami tidak sabar untuk dengar feedback dari umat sekalian.


Buat kalian yang tertarik untuk membaca berita menarik lainnya seputar Tech, bisa langsung kunjungi laman Bima. Untuk informasi lebih lanjut dan tawaran kerja sama, kalian bisa hubungi kami melalui redaksi@umatgame.com.

Bima

Mostly cover about technology, especially computers. Invest a lot of time on local e-commerce (and sometimes globally), to make sure that my posts is relevant.

One thought on “Panduan Merakit PC 5 Jutaan, Bisa untuk Gaming

Leave a Reply

Your email address will not be published.