Review CIY Tester 68, Barebone Mechanical Keyboard Wireless Murah Meriah

Bulan lalu, kami telah ulas mechanical keyboard terbaru keluaran dari Digital Alliance (DA), Meca Air S. Untuk banderolnya sendiri bisa dikatakan cukup merakyat, dan berhasil bujuk tim kami untuk hadirkan Review CIY Tester 68 ini untuk jadi referensi.

Kehadiran dari koneksi nirkabel atau wireless tentu boleh jadikannya poin tambahan, di mana makin banyak orang yang mencarinya untuk produktivitas maupun gaming. Namun, apakah benar adanya bahwa barebone mechanical keyboard ini benar-benar mampu dominasi dari Meca Air S?

Inilah jawaban kami berbentuk Review CIY Tester 68.

Sebelum Review CIY Tester 68

Ada beberapa poin penting yang harus kita pahami terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun membahas Review CIY Tester 68. Termasuk di antaranya kemiripan dengan DA Meca Air S secara konsep, namun ada beberapa hal yang bedakannya dengan keebs CIY Tester 68.

Menurut pengamatan tim kami, keebs yang sudah cukup lama hype di tahun 2022 ini goda banderol benar-benar terjangkau. Meski sudah cukup banyak review berseliweran, tak pupuskan niat kami review keebs yang kerap direkomendasikan temani produktivitas ini.

Unboxing

Loh, kok box-nya coklat?,” adalah impresi awal ketika kami mendapatkan kiriman paket penuh cinta dari ekspedisi. Di bagian depan, terdapat tulisan CIY (yang menurut kami Y-nya lebih terlihat V), di mana sisinya terdapat tulisan TESTER 68.

Sulit untuk dibilang “murah”, karena keebs ini hanya tawarkan barebone, bukan fullset siap pakai layaknya keebs DA Meca Air S. Kalian bisa melihat penampakannya di bawah ini:

Sama halnya dengan kelengkapan yang diberikan, amenities-nya benar-benar minim, namun tak terlalu masalah karena ini adalah barebone mechanical keyboard wireless.

Pokoknya kami no comment, deh.

Desain

Tentu, Review CIY Tester 68 yang harus diulik secara mendetil adalah desain. Kebetulan, tim kami membeli keebs ini dengan varian warna ungu yang cocok dengan setup Yae Miko dan Fischl yang digunakan.

Kalau boleh jujur, perpaduan warna dan bahan yang digunakan cukup ‘masuk’ karena bahannya yang transparan namun masih berwarna. Alhasil, PCB dari CIY Tester 68 ini pun tampak, buat tampilannya lebih keren dan gampang masuk ke setup yang digunakan.

Berdasarkan informasi tempat tim kami membelinya, keebs ini disematkan dengan White POM Plate Foam dan Case Foam, sebuah poin tambahan. Untuk bobotnya sendiri bisa dikatakan lebih enteng, di kisaran 500 Gram, tentu dikarenakan absennya switch dan keycaps.

Untuk bahan plate-nya sendiri terbuat dari metal, dan kurang lebih miliki build quality yang sama dengan DA Meca Air S.

Menariknya, dimensi dari keebs ini sedikit lebih imut di 310mm x 100mm x 31mm. Berdasarkan situs resminya, CIY Tester 68 ini dibuat dari bahan plastik dengan finishing transparan.

Fitur

Masih berdasarkan situs resminya, barebone mechanical keyboard wireless besutan CIY ini tampak hanya goda konektivitas Wireless 2.4GHz dan Bluetooth 5.0, tanpa kabel-kabelan. Review CIY Tester 68 ini tampaknya akan cocok bila diadu dengan kompetitor yang tawarkan keebs seutuhnya.

Modelan gonta-ganti koneksinya pun benar-benar mirip. Di mana kita hanya perlu tekan kombinasi tombol yang ada di manual untuk beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Intinya, ini benar-benar keebs yang mirip, atau bisa dikatakan prototip yang diambil oleh brand kompetitor.

Meski demikian, keebs ini sudah mendukung Universal Hotswapable 5Pin, yang tentu merupakan poin ekstra ketimbang kompetitor. Benar, keebs brand asal Negeri Tirai Bambu ini dibanderol dengan harga yang relatif ‘murah’.

Kondisi barebone sendiri bolehkan kita untuk tentukan switch dan keycaps semaunya, dan kami rasa akan cocok untuk kamu-kamu yang tertarik rakit keebs. Namun harus dicatat bahwa di pasaran, hanya sedikit toko yang berikan garansi satu tahun untuk mechanical keyboard murah meriah ini.

Ditambah dengan layout 65% yang kami rasa cocok untuk bermacam kebutuhan, kehadiran arrow keys dan ekstra keys tentu bisa bermanfaat. Terutama untuk urusan produktivitas dan gaming, it’s your best bet daripada harus beli keebs lagi (bila sebelumnya gunakan layout 60%).

Soal build quality, gak usah berharap banyak deh, karena keebs dengan banderol sedimikian murahnya bakalan akrab dengan yang namanya rattle. Tentu, hal ini bisa diantisipasi dengan ganti stabilizer bila kamu benar-benar ingin naikkan level dari keebs ini ke level berikutnya.

Value

Dalam Review CIY Tester 68 ini, sudah tentu yang harus kita bahas ialah harganya yang ‘hanya’ di 250 Ribu Rupiah. Meski demikian, harus  kalian catat betul bahwa harga yang mungkin ‘kelewat murah’ ini belum termasuk switch dan keycaps.

Walau ada beberapa brand yang tawarkan mechanical keyboard wireless di rentang harga yang sama, kebanyakan pasti hanya mendukung Hotswap 3Pin, atau pilihan switch yang berisik (blue).

Kehadiran barebone mechanical keyboard dengan dukungan wireless yang dibahas pada Review CIY Tester 68 ini, tentu boleh jadi alternatif yang cukup menarik.

Verdict

Di penghujung Review CIY Tester 68 ini, kami sepakat bahwa barebone mechanical keyboard dengan konektivitas Wireless 2.4GHz dan Bluetooth 5.0 ini akan cocok buat mereka yang cari kesempurnaan ketimbang versi ‘jadi’ dari Digital Alliance.

Sama-sama dibuat untuk kebutuhan mobile, keebs ini ditenagai oleh 2x AAA yang mana menurut kami adalah nilai plus. Rasanya, brand ini tak mau repot-repot luncurkan baterai bila suatu saat baterai bawaan akan soak di kemudian hari.

Sama halnya dengan switch dan keycaps yang ditiadakan, peruntukkan dari CIY ini lebih menyasar pemula (termasuk tim kami) yang ingin cicipi dunia barebone keebs tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

Nah, itulah Review CIY Tester 68 yang baru-baru ini kami terima paketnya. Gimana, apakah kamu tertarik untuk membeli keebs satu ini?


Buat kalian yang tertarik untuk membaca berita menarik lainnya seputar Tech, bisa langsung kunjungi laman Bima. Untuk informasi lebih lanjut dan tawaran kerja sama, kalian bisa hubungi kami melalui redaksi@umatgame.com.

Bima

Mostly cover about technology, especially computers. Invest a lot of time on local e-commerce (and sometimes globally), to make sure that my posts is relevant.

Leave a Reply

Your email address will not be published.